Jumat, 11 Juli 2014

Rasio Keuangan Bank

Tugas Softskill 
Nama : frecilia
NPM : 32111952

Kelas : 3DB11

Dalam perbankan kita tahu bahwa adanya rasio keuangan didalam perbankan. Rasio keuangan perbankan merupakan indikator dari tingkat kesehatan bank yang dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan nya saham. Dalam rasio keuangan ada yang namanya Rasio kecukupan modal (CAR), non-perfoming loan (NPL), return on equity (ROE) dan loan to deposit ratio (LDR).
Dari beberapa  jenis Rasio keuangan berikut terdapat penjelasan nya :
1.      Rasio Kecukupan Modal (CAR)
CAR adalah salah satu indikator kesehatan dari setiap modal bank. Dimana dalam CAR terdapat sebuah penilaian dimana penilaian tersebut dilihat dari modal bank, apakah modal tersebut dapat menutupi segala resiko bank di masa yang akan datang. Maka dari itu jika CAR sebuah bank itu tinggi maka kepercayaan masyarakat terhadap bank tersebut akan semakin besar dan nilai saham pun akan lebih meningkat.
2.      Non-performing Loan (NPL)
NPL adalah salah satu indikator dari asset bank kualitas kesehatan. Asset kualitas tersebut merupakan sebuah penilaian terhadap kondisi asset bank dan manajemen resiko kredit.
3.      Return on Equity (ROE)
ROE dalam analisa keuangan memiliki arti yang berbeda salah satunya adalah teknik analisis umum untuk mengukur kemampuan perusahaan guna memperoleh keuntungan. Itulah guna nya ROE dalam bank, ROE dapat mengukur efektivitas perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan modal perusahaan yang dimilikinya.
4.      Loan to Deposit Ratio (LDR)
LDR adalah salah satu indikator kesehatan dari likuiditas bank. Likuiditas yaitu suatu penilaian terhadap kemampuan bank untuk menjaga likuiditas nya dimana apakah likuiditasnya sudah memadai dan mencukupi akan manajemen resiko likuiditas. Maka dari itu likuiditas ini sering digunakan untuk tugas analis keuangan dalam menilai kinerja sebuah bank.
Pada rasio keuangan ini terdapat juga LRR (Legal reserve requirement) dimana dalam perbankan modern cadangan bank dapat dilakukan baik sebagai kas atau sebagai deposit dengan bank sentral. Persyaratan cadangan bank berlaku untuk semua jenis pemeriksaan dan tabungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar