Kamis, 05 Januari 2012

Tugas 3 Manajemen Umum

Tugas 3


Carilah contoh kasus dari berbagai sumber ( internet, buku, majalah, makalah ) tentang perusahaan yang sedang merumuskan visi, misi dan perencanaan jangka panjang. Setelah itu tulislah kasus tersebut pada tugas anda serta uraikanlah proses perumusan visi, misi dan perencanaan perusahaan tersebut.
Jawaban :
Visi :  
PT. Perkebunan Nusantara IV ( Persero ) “Menjadi Pusat keunggulan pengelolaan perusahaan agroindustri kelapa sawit dengan tata kelola perusahaan yang baik serta berwawasan lingkungan”.
Misi :
  1. Menjamin keberlanjutan usaha yang kompetitif .
  2. Meningkatkan daya saing produk secara berkesinambungan dengan sistem, cara dan lingkungan kerja yang mendorong munculnya kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  3. Meningkatkan laba secara berkesinambungan.
  4. Mengelola usaha secara profesional untuk meningkatkan nilai perusahaan yang mempedomani etika bisnis dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).
  5. Meningkatkan tanggung jawab sosial dan lingkungan .
  6. Melaksanakan dan menunjang kebijakan serta program pemerintah pusat/daerah.
Untuk mencapai sasaran yang jelas dalam koridor visi dan misi tersebut, diperlukan suatu corporate plan atau perencanaan strategis jangka panjang yang akan menjadi acuan/ pedoman manajemen dalam menjalankan keputusan strategis. Penyusunan rencana jangka panjang adalah bagian dari upaya yang konsisiten dalam pelaksanaan dan pencapaian good corporate governance (GCG). Selain maksud dan tujuan perusahaan ada juga strategi yang dibuat oleh suatu perusahaan strategi tersebut guna nya untuk membangun kesuksesan perusahaan yang sedang dijalani nya untuk dapat bersaing di dunia bisnis . Dibawah ini ada sebagian contoh strategi dari perusahaan tersebut .
1.Strategi Corporate
Strategi utama yang ditempuh untuk mencapai sasaran perusahaan tahun 2008 adalah Strategi Kombinasi, yaitu penggabungan antara Strategi Stabilitas, Pertumbuhan (Ekspansi) dan penciutan yang dilaksanakan secara simultan. Strategi Pertumbuhan (Ekspansi) adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka panjang dengan pengembangan (perluasan) areal kelapa sawit (strategi pertumbuhan konsentrasi horizontal) dan pengembangan industri hilir (strategi pertumbuhan konsentrasi vertikal).
Strategi Stabilitas adalah untuk meningkatkan kemampulabaan dari jenis usaha dan areal yang ada yaitu kelapa sawit. Strategi penciutan adalah untuk mengurangi resiko dari usaha perkebunan teh dengan mengurangi areal tanaman yang ada.
2. Strategi Bisnis
Strategi Kepemimpinan Biaya (Overall Cost Leadership), dengan memberikan perhatian pada aspek skala usaha (ekonomi), biaya input, teknologi produksi, pemanfaatan kapasitas, dan efektifitas organisasi serta manajemen. Fokus kepada Core Bisnis dan melakukan diferensiasi
pada produk industri hilir teh.
3. Strategi Operasional
● Meningkatkan nilai perusahaan dengan perluasan areal dan pengembangan industri hilir.
● Menerapkan SOP (Standard Operations Procedure) pemeliharaan, panen, pengolahan, dan perawatan pabrik secara konsisten.
● Mengadakan peremajaan / replanting tanam secara teratur setiap tahun.
● Mengurangi/meniadakan kerugian dari usaha perkebunan teh.
● Mengintensifkan lahan produktif.
● Meningkatkan produktifitas dan efisiensi melalui penerapan praktek-praktek bisnis terbaik mencakup baku teknis, manajemen dan sistem kerja.
● Meningkatkan kemampulabaan dengan efisiensi di segala bidang.
● Membangun dan mengembangkan sistem penilaian kinerja, sistem penghargaan, pengembangan karir dan renumerasi yang objektif, rasional, adil, serta mendorong motivasi.
● Meningkatkan kesadaran biaya (cost consciousness) semua personil perusahaan.
● Melaksanakan proses bisnis dengan berdasar pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).
● Mengembangkan inovasi penciptaan jenis produk-produk baru untuk lebih diterima pasar.
● Membangun Sistem Informasi Manajemen yang integratif dan berbasis komputer.

Dan dengan ada nya visi dan misi perusahaan tersebut perusahaan ini Turut melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di sub sektor pertanian kelapa sawit , Dalam arti seluas-luasnya dengan tujuan memupuk keuntungan berdasarkan prinsip-prinsip perusahaan yang sehat serta Pengembangan usaha di bidang perkebunan, agro usaha dan agro bisnis. Dan perusahaan ini juga membuat sebuah kumpulan strategi agar dapat menjadikan perusahaan yang unggul dalam bisnis agroproduksi , usaha , dan bisnis . selain itu perusahaan ini juga dapat dikembangkan sbg usaha yang  profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar